ANAK UNIK
Setiap anak memiliki keunikan masing - masing mereka berhak tumbuh dan berkembang optimal, oleh karenanya setiap anak perlu memperoleh stimulasi pendidikan dan penanganan yang sesuai agar mamapu mengembangkan seluruh potensi fisik, emosi, kognisi, bahasa dan kemandiriannya.
Jika anak memeiliki hamabatan dalam suatu atau lebih aspek perkembangannya tentu ia tidak berkembang optimal sesuai dan potensinya. Oleh karena itu hambatan yang dimiliki anak harus dideteksi sedini mungkin sehingga dapat ditangani dengancepat untk hasil yang lebih baik.
Penanganan yang terpadu akan memberikan konsistensi dan pendekatan, penetapan tujuan dan evaluasi secara menyeluruh terhadap setiap anak sehingga diharapkan dapat dicapai proses pengembangan anak secara optimal.
SEKOLAH KHUSUS AUTISMA BSH hadir sebagai rekan orang tua dalam mengembangkan anak mencapai potensinya, kami membantu masalah perkembangan anak secara terpadu dengan akhli _ akhli terapi lainnya diantaranya : guru - guru yang berpengalaman, psikolog , terapis perilaku, terapis okupasi dan terapis wicara.
Disini kami juga menerima siswa diasramakam bagi yang bertempat tinggal di luar kota Bandung. Di dukung oleh keadaan lingkungan alam pegunungan yang asri, air dan udara yang masih bersih alami serta penerimaan dan penghargaan penduduk yang ramah yang bisa menghargai , memperlakukan mereka dengan baik seperti pada anak normal lainnya membuat proses sosialisasi mereka lebih mudah.
Kegiatan jalan - jalan pagi menyusuri alam yang indah serta udara segar adalah latihan motorik dan sensori integrasi secara langsung, memungkinkan pisik, motorik mereka terlatih dengan baik.
PEDOMAN DETEKSI DINI GANGGUAN PERKEMBANGAN ANAK
Berikut ini merupakan beberapa contoh perilaku yang nampak pada anak - anak yang mengalami gangguan perkembangan.
- Terlamabat bicara, atau sama sekali tidak dapat berbicara
- Dapat berbicara tapai dalam konteks yang tidak dapat dipahami atau suka mengulang - ngulang kata atau potongan kalimat yang ia dengar tanpa mengerti artinya.
- Menolak atau menghindar bila bertatap muka
- Sering seperti tidak mendengarkan ketika diajak bicara
- Suka menarik diri atau tidak mau bergaul dengan anak- anak lainya
- Keterpakuan pada suatu mainan atau sesuatu yang berputar
- Memainkan permainan tidak sesuai dengan fungsinya
- Menyukai hal - hal yang rutin dan situasi yang sama
- Tidak senang atau menolak bila dipeluk
- Tidak mengenal bahaya dan cenderung terlihat seperti tidak mempunyai rasa sakit atau sebaliknya sangat berhati - hati dan merasa tidak nyaman walau hanya di sentuh atau dibelai
- Tidak bisa diam atau terlau aktif seolah disetir oleh motor penggerak sehingga menganggu anak lainya
- Mengalami kesulitan mempertahankan perhatian ketika mengerjakan tugas atau kegiatan bermain
- Sering gagal menyimak hal yang rinci / detail
- Sering tidak mengikuti intruksi dan gagal menyelesaikan pekerjaan sekolah
- Tidak menunggu giliran dan senang membantah apabila disuruh
- Sulit memahami konsep - konsep dasar seperti bentuk, kesulitan membaca, menulis dan berhitung sehingga akademiknya buruk
Sekolah Khusus Autisma adalah pilihan bijak untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak dan langkah tepat untuk kebutuhan pendidikan mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar